Survey ke Curug Cilember

24 maret 2010, adalah hari yang dinanti karena saya dan teman2 saya akan melakukan survey ke curug cilember. survey ini dilakukan dalam rangka tafakur alam yang akan diadakan remas 39. ini adalah survey kedua setelah survey yang pertama kami ke curug panjang. kami pergi ke sana dengan menggunakan mobil saya. perjalanan pun dimulai.

perjalanan kira-kira 1 jam dari Jakarta. setelah keluar dari tol Jagorawi, kami langsung mencari alamat curug Cilember. salah seorang teman saya mengetahui alamatnya secara lengkap. tertulis,” curug Cilember berada di jalan hankam seberang rumah makan pondok indah, kira-kira 2 km dari jalan raya puncak”.  kemudian kami menepi untuk menanyakan alamat tersebut. alhamdulillah, kami menemukan jalan tersebut.

sebelum kami ke curug Cilember, kami mencari villa yang dekat dengan curug. teman kami yang di Jakarta sudah menghubungi villa Ar-Rohman, maka kami pun segera menuju ke villa tersebut. disinilah kami hampir disesati oleh warga karena ada yang bilang villa tersebut masih di atas tetapi ada yang bilang villa di bawah . kami pun bingung sekali saat itu. kami berputar di jalan hankam tersebut. beruntung salah seorang lelaki mau mengantarkan kami ke villa tersebut. ternyata, lelaki tersebut adalah kakak dari penjaga villa Ar-Rohman.

tiba disana, kami pun langsung mengambil foto sebagai bukti survey yang akan dipublikasikan. setelah mendapat foto, kami segera bergegas ke curug Cilember. kira-kira 1 km dari villa Ar-Rohman. tiba disana, kami langsung membayar tiket dan lumayan mahal, 1 orang 10 rb. nah, disinalah kami memulai perjalanan yang sangat menegangkan.

survey yang sangat extreme pun dimulai. awalnya kami hanya ingin men-survey ke curug 7, yaitu curug yang tingkatnya paling rendah. tetapi kami berubah pikiran dan mencoba untuk melakukan survey ke curug yang tingkatnya lebih tinggi. jalan yang terjal dan licin tidak membuat kami patah arang untuk mencapai curug yang lebih tinggi tingkatnya. walaupun kaki saya masih sakit karena keseleo, saya tetap semangat untuk mendaki.

dengan badan yang bermandi keringat, akhirnya kami tiba di curug 3. kami sangat senang sekali dapat mencapai curug itu karena jarang orang yang dapat menembus curug itu. disana kami makan dan tak lupa untuk mengambil foto. setelah rasa letih hilang, kami pun tidak melanjutkan ke curug 2 karena jalannya semakin terjal dan persedian minum telah habis. ketika kami ingin turun, ternyata kami hampir tersesat. alhamdulillah, Allah masih mengizinkan kami untuk menuruni curug tersebut.

selama kami menuruni bukit, salah seorang teman saya tergigit oleh pacet. dan itu tidak sekali, tetapi berkali-kali. saya pun harus waspada karena saya hanya memakai sandal jepit. karena jalan yang kami lewati licin, saya pun hampir terjatuh. beruntung sekali ada teman saya yang menolong.

dalam waktu kurang lebih 2 jam kami melakukan pendakian, akhirnya kami  tiba di pintu gerbang Curug Cilember. itu adalah pengalaman yang takkan terlupakan bagi saya dan teman-teman saya.

6 thoughts on “Survey ke Curug Cilember

  1. wee,baru survei aja seru banget kayaknya
    siapa aja yg ikut tuh?
    gw jg pengen jalan” k tempat kyk gitu
    tp kondisi ga memungkinkan terus T_T

Leave a Reply

