Membuat Database dengan MySQL

Dalam pembuatan database kali ini, menggunakan command line MySQL Server 5.5. Langkah pertama, buat nama database terlebih dahulu. Kemudian, buat tabel dengan terdapat field dan karakternya. Berikut contoh database dengan nama perpus dan tabel anggota :

Setelah tabel terbuat dengan statement-statement di atas, ketik desc anggota untuk melihat struktur dari tabel tersebut. Maka akan muncul keterangan-keterangan pada gambar di atas. Khusus untuk field id_anggota muncul pernyataan Primary Key, artinya field ini bertujuan untuk mengidentifikasi data, dengan kode unik dan tidak boleh bernilai ganda.

Langkah kedua, isi tabel tersebut dengan statement di dalam gambar berikut ini

Statement yang digunakan untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan adalah insert into anggota values(‘sesuaikan dengan urutan kolom’);. Jika ingin menampilkan data-data yang sudah dimasukkan ke tabel, ketik select * from anggota; , maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Jika ingin menampilkan hanya satu record saja, misal record untuk id_anggota 001, maka statement yang dapat dtuliskan adalah select * from anggota where id_anggota=’001′; akan muncul tampilan record seperti gambar di bawah ini

Seandainya ingin melakukan perubahan data dengan id_anggota “001” menjadi “A001”, berikut statement yang dapat digunakan:

update anggota

-> set id_anggota=’A001′

-> where id_anggota=’001′ and nama=’Rio Ramski’;

Sekian pembuatan database dengan MySQL, terima kasih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s