Pengertian Paragraf Deduktif dan Induktif

Memahami paragraf dalam suatu karangan merupakan hal yang penting agar pembaca dapat memahami isi bacaan dengan cepat. Dengan melakukan kegiatan membaca secara intensif, bisa ditemukan perbedaan paragraf deduktif dan induktif.

Sebuah paragraf pada dasarnya tersusun dari dua materi, yakni materi yang memiliki cakupan secara umum dan lainnya yaitu cakupan khusus. Dengan begitu, muncul 2 pola pengembangan paragraf, yakni pola umum – khusus (deduktif) dan khusus – umum (induktif).

Berdasarkan letak kalimat utamanya, maka perbedaan antara paragraf deduktif dan induktif bisa diketahui.

  1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Jadi, paragraf ini dikembangkan dari materi yang cakupannya umum terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat yang memiliki cakupan khusus.

Contoh Paragraf Deduktif

Banjir yang melanda Jakarta akhir-akhir ini membuat beberapa titik daerah tergenang air. Ini disebabkan karena kurangnya daerah resapan air sehingga banjir tidak bisa dihindarkan. Masih banyak terdapat perumahan yang kumuh, liar dan padat di sepanjang sisi sungai Jakarta. Pemerintah  DKI Jakarta sudah membuat antisipasi berupa dibuatnya Rumah Susun agar warga yang menetap di sisi sungai dapat hijrah dan meninggalkan rumah kumuh di sisi sungai.

Kalimat utama pada paragraf tersebut terletak di awal paragraf sehingga paragraf tersebut bisa digolongkan ke dalam paragraf deduktif.

  1. Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat yang menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus (mengandung pembuktian dan contoh-contoh fakta) yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum. Jadi, ide pokok berada pada akhir paragraf.

Paragraf Induktif sendiri dikembangkan menjadi beberapa jenis. Pengembangan tersebut yakni paragraf generalisasi, paragraf analogi, paragraf sebab akibat bisa juga akibat sebab.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s